Adakan Pemilihan Polisi Teladan, 6 (enam) Nama Mencuat di Rapat Tim

Rapat Tim Penilai Yang Dipimpin Wakpolda Sumbar Brigjenpol Drs Bayu Wisnumurti Msi

(admin, agustus 2017). Kebutuhan akan Polisi yang mampu menjadi contoh dan tauladan dalam beretika dan berperilaku Kenegaraan, Kemasyarakatan dan Kepribadian bagi Polri sudah sangat Urgent sekali. Banyak upaya yang dilakukan Polri khususnya Polda Sumbar untuk mewujudkan itu semua, diantaranya melakukan pemilihan Polisi Teladan Tingkat Polda Sumbar pada tahun anggaran 2017, dengan mengikutkan perwakilan dari semua Satker yang ada di Polda Sumbar.

Sasaran kegiatan yang dimotori Biro SDM Polda Sumbar ini adalah Seluruh Personil Polisi yang masih dinas aktif di jajaran Polda Sumbar. Pada tahap awal pemilihan terjaring 32 orang calon yang memenuhi kriteria dan diusulkan oleh masing-masing Satker. Dari 32 orang calon ini, setelah dilakukan Observasi, sosiometri dan presntasi tinggal  6 (enam) orang calon yang bisa diikutkan untuk penilaian tahap berikutnya, diantaranya :

  1. Bripka Albert Amarta Ba Polresta Padang
  2. Bripka Suhasril Ba Polres Tanah Datar
  3. Brigadir Hasan Ba Polres Payakumbuh
  4. Brigadir Luana Putri Ba Polres 50 Kota
  5. Brigadir Waston Ba Polres Pasaman Barat
  6. Brigadir Ilham Ba Polres Pariaman

Keenam Calon ini diminta paparan  dihadapan Tim Penilai, kemudian untuk didapatnya data yang sahih, tim melakukan verifikasi kelapangan. Hasil Verifikasi dan data tambahan yang didapat  dibawa pada rapat panitia pada hari Jumat tgl 12 Agustus 2017 yang dipimpin langsung oleh Bapak Wakapolda Sumbar dan diikuti Irwasda Polda Sumbar, Karorena Polda Sumbar, Karo SDM Polda Sumbar, Kabid Propam Polda Sumbar, Kabag Psikologi Ro SDM Polda Sumbar dan Kabag Watpers Ro SDM Polda Sumbar.

Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Drs Bayu Wisnumurti M.Si dalam arahannya saat pembukaan rapat Tim penilai mengatakan “Polisi Teladan yang terpilih disamping akan mewakili Polda Sumbar pada penilaian  tingkat pusat juga diharapkan mampu menjadi  agen perobahan di Polda Sumbar serta bisa menjadi penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik”

“kita akan segera mengumumkan hasil rapat tim penilai pemilihan polisi teladan ini, semoga yang terpilih mampu menjadi tauladan bagi rekan  rekanya di Satker dan Satwil masing masing” ucap Karo SDM Polda Sumbar melalui Kabag Watpers Akbp Susmelawati SS kepada admin usai rapat Tim.

ARAHKAN DENGAN KETELADANAN

Terlihat Kabag Binkar Biro SDM Polda Sumbar Akbp Joko Ananto SIK MH mengisi Absen Apel Pagi

(admin, agustus 2017). “Teladan” dalam kamus besar bahasa Indonesia berarti sesuatu yang baik untuk dicontoh. Bagi sebuah organisasi, sesuatu yang baik tersebut, tentulah sesuatu yang sesuai dengan norma,  aturan dan harapan pimpinan dalam merealisasikan tujuan yang ada pada organiasi.

Ada banyak cara yang dilakukan pimpinan sebuah organisasi dalam merealisasikan tujuannya, mulai dari rekruitmen personil yang baik, pendidikan pembentukan yang sempurna, peningkatan kemampuan personil sesuai kebutuhan, serta  membuat peraturan yang mengikat anggota baik didalam atau diluar kedinasan, Namun hal tersebut akan menjadi sia-sia  bila sang pemimpin tidak  mampu memberi  teladan  kepada bawahan dalam bersikap dan berperilaku  serta bagaimana seharusnya mentaati peraturan yang sudah ada. Dengan memberi tauladan  dalam bekerja dan mentaati aturan, niscaya  wibawa pemimpin tersebut akan terbangun dengan sendirinya, anggota akan cenderung penurut dan patuh dengan aturan, begitu juga sebaliknya,  serta energi pimpinan bisa lebih di fokuskan kepada operasional satuan tidak lagi hanya terkuras untuk mengurus bagaimana seharusnya anggota bekerja dan mentaati aturan.

“tauladan yang baik dalam bertindak dan berperilaku adalah cara yang paling efektif dalam mengarahkan anggota untuk taat aturan dan bekerja sungguh sungguh ” ucap Kabag Binkar Biro  SDM Polda Sumbar Akbp Joko Ananto S.I.K., M.H usai apel Pagi Kamis tangal 10 Agustus 2017 kepada admin.

Hadirkan Pelayanan Publik Cepat, Nyaman dan Menyenangkan, Ditintelkam Polda Sumbar Berbenah

Pemohon SKCK Mengambil Nomor Antrian

(admin, agustus 2017). Pelayanan Publik yang ramah, nyaman dan menyenangkan merupakan dambaan semua orang. Hampir semua kementrian dan lembaga dibawah arahan dan pengawasan Kemenpan RB berbenah untuk dapat menghadirkan pelayanan sesuai harapan masyarakat.

Direktorat Intelkam Polda Sumbar salah satunya,  Satker yang mempunyai tugas dan tanggung jawab pelayanan Publik kepada masyarakat dalam pengurusan SKCK dan Perizinan di Sumatera Barat ini, juga ikut bersama Satker lainya berbenah diri menciptakan pelayanan yang cepat dan nyaman. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melengkapi sarana dan prasana pelayanan serta membekali para petugas dengan kemampuan berstandar pelayanan publik.

Direktorat yang dipimpin oleh Kombes Pol Dr. Roberts Kenedy S.IK ini secara bertahap terus berbenah melengkapi sarana dan prasara pelayanan publik. Mulai dari pemasangan AC, Mesin antrian, dan kelengkapan pelayanan publik lainya, serta  yang tak kalah pentingnya adalah  petugas yang ramah, murah senyum dan tidak diskriminatif.

“Pelayanan yang Cepat, Nyaman, bebas Pungli serta menyenangkan adalah moto kami dalam melayani masyarakat dalam mengurus SKCK dan Perizinan” Pungkas Dirintelkam Polda Sumbar melalui Kasi Yanmin Kompol Dewi Sartika kepada admin  selasa kemaren diruangan pelayanan yang berada dijalan Raden Saleh padang ini.

 

Guna Didapatnya Kegiatan Yang Benar Benar Prioritas Biro Rena Laksanakan Rakernis Perbaikan Kertas Kerja RKA-K/L, TOR dan RAB Pagu Anggaran TA. 2018

(admin, 2017). Guna menindaklanjuti kegiatan tingkat Mabes Polri tentang Penyusunan Pagu Anggaran TA. 2018, serta  reviu oleh Itwasum Polri (APIP), yang telah dilaksanakan pada tgl. 28 Juli s.d 3 Agustus 2017 di Jakarta, Birorena Polda Sumbar melaksanakan kegiatan Rakernis Perbaikan Kertas Kerja RKA-K/L, TOR dan RAB Pagu Anggaran TA. 2018.
Kegiatan yang dimotori Bag Renprogar,  diikuti oleh  para pelaksana teknis RKA-K/L (operator RKA-K/L) Satker jajaran Polda Sumbar, bertempat di Ruang Pertemuan Lantai 4 gedung Mapolda Sumbar.
Dalam paparanya, Kabagrenprogar menyampaikan arahan Asrena Kapolri ttg kebijakan anggaran TA. 2018, tambahan anggaran utk beberapa kegiatan yg menjadi prioritas Kapolri dan adanya perubahan indeks uang makan yang menggunakan indeks maksimal.
Salah satu kebijakan dari pemerintah adalah naiknya indeks uang makan (ULP Operasi, ULP jaga kawal, uang makan pendidikan) yang sebelumnya masih rendah dan bervariasi, ditahun 2018 disamakan dan menggunakan indeks maksimal.
Kemudian untuk wilayah yang TA. 2018 ada Pilkada agar menghimpun rencana kebutuhan dan usulkan ke Pemda, pedomani peraturan Asops Kapolri, jangan main pukul rata/persentase, sesuaikan dengan kebutuhan lapangan, perhatikan tahap-tahap Pilkada tahun 2018, 2019 dan penggunaan anggaran nantinya harus sesuai dengan Mou.
Setelah penyampaian arahan, operator memperbaiki kertas kerja RKA-K/L dan TOR/RAB sesuai petunjuk dari Srena Polri dan Tim Reviu Itwasum Polri. Kegiatan ini dibimbing oleh Operator RKA-K/L Polda Sumbar Brigadir Johan Chandro.
Begitu pentingnya fungsi perencanaan dalam membangun peradaban bangsa Indonesia dan membangun institusi Polri

“Satker diharapkan benar-benar dapat menentukan kegiatan yang menjadi prioritas untuk tahun anggaran 2018, sehingga apabila turun anggarannya KPA tidak boleh lagi mengatakan ada kegiatan yang lebih prioritas lagi, jadi harus benar perencanaannya supaya tidak perlu melakukan revisi dalam tahun anggaran berjalan, karena banyaknya revisi menandakan tidak bagusnya perencanaan” pungkas Akbp Widya Azis Kabag Renprogar kepada admin disela sela penutupan Rakernis siang kemaren.

Meriahkan HUT Bhayangkara ke 71 Th 2017, Polresta Padang Adakan Lomba Da’i Kamtibmas

Kapolresta Padang Kombes Pol Chairul Aziz, S.Ik, M.Si, MH meyerahkan Tabungan dan Tropy kepada Pemenang Lomba

Rbp Sumbar 2017. Dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara ke 71 tahun 2017, Polresta Padang menggelar lomba Da’i Kamtibmas tingkat SLTP, SLTA se Kota Padang, pada hari sabtu Tanggal 17 Juni 2017 bertempat di Gedung Tuah  Sakato Polresta Padang. Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Padang Kombes Pol Chairul Aziz, S.Ik, M.Si, MH, Wakapolresta, Juri dari Kemenag kota Padang, Para kabag, Kasat dan kapolsek jajaran Polresta Padang.

Kegiatan yang digagas Satbinmas Polresta Padang ini, rencanaya rutin dilaksanakan tiap tahun dengan harapan akan muncul Dai Dai kamtibmas yang mampu mengajak masyarakat dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan hukum serta mampu menciptakan suasana kondusif dalam membangun keamanan dan ketertiban dengan mengedepankan sendi-sendi agama islam.

Kegiatan yang dilaksanakan 1 (satu) hari penuh ini bertemakan “ Dengan Semangat Lomba Dai Kamtibmas Akan Melahirkan Duta Kamtibmas Di Kota Padang”, diikuti oleh peserta dari Pelajar yang ada dikota Padang, Dari sekian banyak peserta, dewan juri dari Kemenag Kota Padang memilih beberapa Da’i sebagai perserta terbaik :

  1. Juara I dari Polsek Koto Tangah
  2. Juara II dari Polsek Padang Utara
  3. Juara III dari Polsek Luki
  4. Juara Harapan I dari Polsek Pauh
  5. Juara Harapan II dari Polsek Nanggalo

sebagai wujud dukungan dan motivasi Bagi para pemenang diberikan hadiah berupa, Tabungan, Tropy dan Piagam, yang diserahkan langsung oleh Kapolresta Padang. “semoga dengan kegiatan ini akan muncul Dai Dai yang selalu menyeru kepada Amar Ma’ruf Nahi Munkar yang menjadi Mitra Polri dalam menciptakan suasana kondusif guna terbangunya kamtibmas dikota Padang” pungkas Kombes Pol Chairul Aziz, S.Ik, M.Si, MH, saat Buka Puasa Bersama di Gedung Tuah Sakato Polresta Padang.

Polres Pasaman, “Dengan Buka Bersama Tingkatkan Silaturahmi Dalam Menggapai Ridha Allah”

Kapolres pasaman, Wakapolres, Ketua Bhayangkari Cabang Pasaman denga Anak Yatim Polri Kab Pasaman

Rbp Sumbar 2017. Pada hari Rabu tanggal 14 juni, Polres Pasaman mengadakan acara Buka Puasa bersama dengan semua unsur Fokopimda Pasaman, Pimpinan instansi, Purnawirawan dan Bhayangkari cabang Pasaman.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahun ini, juga menghadirkan Anak yatim Polri dilingkungan Polres Pasaman, pada kesempatan tersebut kapolres Pasaman juga memberikan tali Asih sebagai wujud masih terjalinya rasa sayang dan kekeluargaan dari keluarga besar polres Pasaman kepada Anak-anak Yatim Polri yang adan di Pasaman.

“dengan Buka Puasa bersama ini, kita tingkatkan silaturahmi dalam menggapai Ridha Allah, semoga ibadah puasa kita diterima oleh Allah Subhanawataala serta Kab Pasaman tetap aman dan kondusif dalam merayakan idil Fitri Tahun ini ” pungkas AKBP Reko Indro Sasongko SH, via Ponsel Pagi kamis Kemaren.

Tingkatkan Ukhuwah Islamiah, Rorena Polda Sumbar Buka Puasa bersama Staf dan Anggota

Buka Puasa Staf Rorena Poda Sumabar Sabtu 17 Juni 2017

Rbp Sumbar 2017.  Sebagai salah satu upaya meningkatkan kekuatan iman dan spiritual yang dikaruniakan Allaah SWT, Keluarga besar Birorena Polda Sumbar melaksanakan acara Buka Puasa Bersama pada hari sabtu tanggal 17 Juni 2017 di Kantor Birorena Polda Sumbar Jl Sudirman Nomor 55 padang. Hadir dalam kegiatan tersebut Karorena Polda Sumbar Kombes Pol Drs. Hari Mukti Sasono Slamet,  seluruh Kabag, Kasubag dan anggota serta Pensiunan Staf Birorena Polda Sumbar beserta keluarga.

Buya Endi dalam Kultumnya menyampaikan pentingnya rasa sukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT kepada Kita, dengan rasa sukur tersebut Allah akan menambahnya dengan kenikmatan yang berlipat ganda, kata ustads yang juga merupakan staf di Birorena Polda Sumbar ini.

“dengan kegiatan buka bersama ini, semoga  ibadah puasa kita diterima Allah SWT serta rasa Ukhuwah Islamiah antar staf dan anggota Birorena akan lebih terjalin dengan baik” , ucap saat santap Buka bersama Staf dan anggota.

Wakapolri Komjen Pol Drs. Syafrudin M.Si Berikan Arahan kepada Pamen Polda Sumbar

arahan Wakapolri kepada Pamen Polda Sumbar

Rbp Sumbar. Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komjen Pol Drs. Syafrudin M.Si memberikan arahan kepada 236  orang Pamen se jajaran Polda sumbar, Selasa Tanggal 13 Juni 2017 di Aula Mapolda Sumbar. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan  Safari Ramadhan Wakapolri dan rombongan ke Sumatera barat.  Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Fahkrizal M. Hum, Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Dra. Nur Afiah MH, Irwasda Polda Sumbar Kombes Pol Drs. Dody Marsidy, M.Hum, serta para Karo, Dir, Kapolres/Ta dan Pamen lingkungan Polda Sumbar.

Dalam arahanya Wakapolri menyampaikan pentingnya Soliditas antara Polri dengan seluruh elemen masyarakat dalam menciptakan kamtibmas, “harus betul betul kita jaga soliditas antara Polri, TNI, Pemda, Tokoh Adat, tokoh agama dan seluruh elemen masyarakat lainya dalam menjaga stabilitas keamanan” ucap Wakapolri dalam arahannya menjelang berbuka di aula Mapolda Sumbar.

Hanya Berselang 3 Jam Polres Pasaman Amankan 12 KG Ganja di Dua Tempat Berbeda

TSK Z Pemilik Ganja 4 KG Yang diamankan Satres Narkoba Polres Pasaman

Rbp Sumbar.  Hanya berselang 3  jam, Polres Pasaman berhasil mengamankan 12 (dua belas) KG Ganja di dua tempat berbeda. di Kecamatan Rao kabupaten pasaman, TSK yang sudah diintai beberapa hari membuahkan hasil dengan ditangkapnya ZP, 30 th, minang (koto), tani, Air Angek Jorong Air Hangat, Nagari Tanjung Betung, Kec. Rao Selatan, Kab. Pasaman Pada hari Minggu tanggal 11 Juni 2017 sekira pkl 22.30 Wib di wilayah Kecamatan Rao.

dari tangan tersangka, berhasil diamankan petugas, Ganja 4 paket besar seberat 4 KG, 2 paket kecil ganja serta satu unit sepeda motor merek Beat dengan Nopol BA 3364 DG.

selang beberapa Jam kemudian di tempat berbeda, Sat Res Narkoba  kembali menangkap 2 (dua) Pelaku penyalahgunaan Narkoba Pada hari senin tanggal 12 Juni 2017 jam 03.00 WIB di depan Panti Asuhan Rao jrg 1 Nagari Pdg mentinggi, Kec Rao, Kab Pasaman berinisial   I S pgl Si In, Umur 33 tahun, Suku minang, Pekerjaan tani, Alamat jorong. Simpang ampek, Nag Lingkung Aua, Kec Pasaman, Kab Pasaman Barat dengan rekanya berinisial N, umur 23 tahun, suku minang, pekerjaan tani, Aia angek jorong kemakmuran Nagari Sinunukan Kec Talamau kab. Pasaman barat.

Pelaku dan 8 KG BB Ganja yang berhasil diamankan Polres Pasaman

Tak tanggung-tanggung, Informasi masayarakat yang dikembangkan oleh Polisi ini dalam penangkapan  dipimpin langsung oleh Kasat Narkoba Polres Pasaman Iptu Roni SH ini berhasil menyita 8 (delapan) Kilogram Ganja Paket Besar dari tersangka yang dibawa mengunakan Honda Beat Besawarna putih biru tanpa nomor polisi dan satu unit ranmor R4 Datshun goo warna putih BA 1514 SG. Kedua orang Tersangka langsung digelandang ke Polres Pasaman untuk dilakukan pengembangan.

“tidak ada kata berhenti dalam memerangi Narkoba, kita bersama masyarakat akan bahu membahu memberantas penyalah gunaan Narkoba di pasaman yang kita cintai ini” pungkas Kapolres Pasaman Akbp Reko Indro Sasongko SH, kepada Admin melalui Ponselnya, usai penangkapan.

 

Guna Didapatnya Anggaran Yang Tepat Guna, Rorena Polda Sumbar Laksanakan Rakernis Penyusunan Pagu Indikatif

pembukaa Rakernis Penyusunan Pagu Indikatif Polda Sumbar

Rbp Sumbar.  Guna didapatnya  anggaran yang tepat guna, Birorena Polda Sumbar  pada tgl 9 Juni 2018 melaksanakan Rakernis Penyusunan Pagu Indikatif  TA. 2018 Satker jajaran Polda Sumbar. Kegiatan yang dilaksanakan satu hari penuh ini diikuti oleh  semua fungsi perencana Satker yaitu Kasubbagrenmin, Kabagren dan Operator RKA-K/L.

Seluruh peserta  diminta menyusun Term of Reference (TOR) atau kerangka Acuan Kerja dan Rincian Anggaran Biaya (RAB) untuk setiap output yang akan dilaksanakan pada T.A. 2018, dengan mempertimbangkan realisasi anggaran dan capaian output pada T.A. 2016 dan pagu anggaran T.A. 2017. Walaupun pagu dari Srena Mabes Polri turun masih berupa draf, jadi masih ada kemungkinan akan mengalami perubahan, namun sudah dapat dilihat bahwa rencana anggaran TA. 2018 tidak jauh berbeda dengan alokasi anggaran TA. 2017 yang sedang berjalan. Ada penambahan pada dukungan anggaran Dukops Polda Sumbar sebesar 100 persen sebagai realisasi dari peningkatan tipe Polda dari tipe B menjadi tipe A.

“anggaran satker harus melalui proses yang difokuskan pada sasaran prioritas yang berkualitas, berdasarkan azas manfaat dan disesuaikan dengan kalender kamtibmas” ucap Karorena Polda Sumbar Kombes Pol Drs. Hari Mukti Sasongko Slamet didampingi Kabag Renprogar Rorena Polda Sumbar Akbp Widia Azis SH, pada saat pembukan Rakernis di Aula Polda Sumbar.